Laman

Jumat, 14 Desember 2012

Kisi-Kisi dan Soal PKn Semester Ganjil TP 2012-2013


KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SATUAN PENDIDIKAN         : SD NEGERI 27 BULU-BULU
KURIKULUM                         : KTSP
MATA PELAJARAN               : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER                : V (LIMA)/I (SATU)
ALOKASI WAKTU                 : 60 MENIT
JUMLAH SOAL                      : 35 NOMOR
  20 PILIHAN GANDA; 10 ISIAN; 5 URAIAN

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO. SOAL
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)

1
1.1  Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
Siswa dapat menuliskan bentuk Negara Indonesia berdasarkan UUD 1945
ISIAN
11
Siswa dapat menentukan salah satu daerah otonom dalam NKRI.
PG
1
Siswa dapat menentukan Negara yang yang berbatasan dengan Indonesia di sebelah selatan
ISIAN
12
Siswa dapat menyebutkan nama samudera yang mengapit wilayah NKRI. 
PG
2
Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
Siswa dapat menentukan penyebab NKRI disebut Negara Kelautan.
PG
3
Siswa dapat menuliskan 3 (tiga) fungsi wilayah laut NKRI.
URAIAN
21
Siswa dapat menentukan fungsi wilayah laut Indonesia.
PG
4
2
1.2  Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Arti penting keutuhan NKRI

Siswa dapat menuliskan syarat-syarat mencapai cita-cita bangsa Indonesia.
ISIAN
13
Siswa dapat menentukan contoh ancaman dari luar yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa.
PG
5
Siswa dapat menjelaskan pentingnya menjaga keutuhan NKRI.
PG
6
Siswa dapat menuliskan pihak-pihak yang wajib menjaga keutuhan NKRI.
ISIAN
14
Siswa dapat menjelaskan proses berdirinya NKRI.
PG
7
Siswa dapat menuliskan cita-cita Bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945
URAIAN
22
3
1.3  Menunjuk-kan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.

Siswa dapat menyebutkan sikap memelihara keutuhan NKRI.
PG
8
Siswa dapat menunjukkan sikap yang sebaiknya dilakukan oleh generasi muda dalam pembangunan nasional.
PG
9
Siswa dapat menentukan sikap yang dapat mengganggu keutuhan NKRI.
PG
10
siswa dapat menentukan contoh sikap yang dapat mewujudkan persatuan bangsa.
PG
11
Siswa dapat menuliskan sikap yang baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
ISIAN
15
siswa dapat menuliskan tujuan mengheningkan cipta ketika upacara bendera
ISIAN
16
Siswa dapat menjelaskan pendapatnya tentang budaya asing yang tidak sesuai dengan keperibadian bangsa Indonesia
URAIAN
23
4
2.1              Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
Pengertian peraturan
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat peraturan
ISIAN
17
Siswa dapat menyebutkan nama peraturan yang tercantum dalam kitab suci.
PG
12
Pentingnya peraturan
Siswa dapat menjelaskan pentingnya peraturan dalam kehidupan bermasyarakat.
URAIAN
24
Siswa dapat menentukan tujuan dibuatnya peraturan dalam masyarakat.
PG
13
Pengertian perundang-undangan.
Siswa mampu menyebutkan istilah untuk peraturan tertulis yang dibuat oleh pejabat pemerintah.
PG
14
Siswa dapat menuliskan lembaga yang menyusun dan menetapkan Peraturan Perundang-undangan Tingkat Daerah
ISIAN
18
Fungsi peraturan perundang-undangan.
Siswa dapat memahami fungsi peraturan yang berlaku di tingkat daerah.
PG
15
Siswa dapat menentukan tujuan dibuatnya tata tertib lalu lintas
PG
16
5
2.2              Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu lintas, dan larangan merokok.
Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Siswa dapat mengetahui peraturan perundang-undangan yang paling tinggi kedudukannya.
PG
17
Siswa dapat menyebutkan peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan persetujuan Presiden.
PG
18
Siswa dapat mengetahui kedudukan undang-undang tentang Hak Azasi Manusia.
ISIAN
19
Contoh peraturan perundang-
undangan yang berlaku di Indonesia.
Siswa dapat mengetahui akibat mematuhi tata tertib sekolah.
ISIAN
20
Siswa dapat menentukan contoh sikap tidak patuh terhadap undang-undang.
PG
19
Siswa dapat menentukan usia wajib belajar anak-anak Indonesia sesuai dengan undang-undang system pendidikan Nasional.
PG
20
Siswa dapat menuliskan akibat melanggar peraturan dan undang-undang lalu lintas.
URAIAN
25




 
PEMERINTAH KABUPATEN MAROS
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN MALLAWA
SD NEGERI 27 BULU-BULU
Alamat: Dsn Bulu-Bulu Ds Mattampapole Kec. Mallawa KP. 90563
 

ULANGAN UMUM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
MATA PELAJARAN   : PEND. KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER    : V/I
HARI/TANGGAL        :       DESEMBER 2012
WAKTU                      : 60 MENIT
PETUNJUK
1.      Bacalah dengan baik setiap soal sebelum menjawab!
2.      Jawablah terlebih dahulu soal yang dianggap mudah!
3.      Periksa kembali jawabanmu sebelum menyerahkan kepada pengawas!
4.      Jangan lupa tulis nama pada lembar jawaban!

I.     PILIHAN GANDA
Silanglah huruf a, b, c, atau d pada lembar jawaban sebagai jawaban yang paling benar!
                                                                                                                      
1.      Yang termasuk daerah otonom di bawah ini yaitu ….
a.       desa
b.      kelurahan
c.       kabupaten
d.      kecamatan
2.      Samudera yang mengapit wilayah NKRI yaitu ….
a.       Samudera Hindia dan Samudera Fasifik
b.      Samudera Hindia dan samudera Indonesia
c.       Samudera Fasifik dan samudera Indonesia
d.      Samudera Indonesia dan samudera Cina Selatan
3.      Negara Kesatuan Republik Indonesia di sebut Negara Kepulauan karena ….
a.       diapit oleh 2 samudera
b.      terdiri dari 5 pulau besar
c.       ⅔ wilayah Indonesia adalah lautan
d.      wilayah Indonesia dibatasi oleh laut


4.      Salah satu fungsi wilayah laut Indonesia yaitu sebagai ….
a.       jalur lalu lintas pesawat
b.      tempat satelit komunikasi
c.       tempat mendapatkan barang tambang
d.      tempat memperoleh hasil perkebunan
5.      Contoh ancaman dari luar yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa antara lain ....
a.       pertandingan olahraga antar bangsa
b.      masuknya turis mancanegara
c.       politik adu domba antar bangsa
d.      bersaing dalam prestasi
6.      Apabila keutuhan negara kita terjaga maka kita akan mampu menghadapi ….
a.       masa depan kita
b.      ancaman dan gangguan
c.       musuh pribadi kita
d.      bangsa yang pernah menjajah kita
7.      Negara Kesatuan Republik Indonesia bukanlah negara yang berdiri dengan sendirinya tetapi melalui ….
a.       pemberian pemerintah Jepang
b.      perjuangan para pahlawan semata
c.       hasil perjuangan sekelompok orang saja
d.      pengorbanann jiwa raga dan harta rakyat Indonesia
8.      Berikut yang merupakan sikap memelihara keutuhan NKRI yaitu ….
a.       menggalang persaudaraan segenap bangsa Indonesia
b.      memupuk persatuan kelompok agama tertentu
c.       membina kerukunan antar umat seagama
d.      mewujudkan kemerdekaan negara bagian
9.      Bangsa kita terus melaksanakan pembangunan. Sebagai bagian generasi muda, saya sebaiknya ….
a.       tidak ikut dalam pembangunan
b.      ikut serta dalam pembangunan
c.       menjadi penonton dalam pembangunan
d.      terlibat ketika dewasa kelak


10.  Keutuhan NKRI dapat terganggu apabila masyarakat bersikap ….
a.       tidak membedakan suku-suku
b.      saling hormat menghormati
c.       bersatu dalam perbedaan
d.      membuat golongan untuk kepentingan pribadi
11.  Contoh sikap diri sendiri yang dapat mewujudkan persatuan bangsa adalah ….
a.       rasa permusuhan yang kuat
b.      dendam dan iri hati
c.       menghormati budaya daerah lain
d.      persaingan yang tidak sehat
12.  Peraturan-peraturan yang tercantum dalam kitab suci disebut ….
a.       norma agama
b.      norma hukum
c.       norma kesusilaan
d.      norma kesopanan
13.  Peraturan dalam masyarakat sengaja dibuat agar ….
a.       peraturan tersebut ditaati
b.      masyarakat takut kepada pemerintah
c.       ketertiban masyarakat terjaga
d.      masyarakat terlindung dari serangan
14.  Peraturan tertulis yang dibuat oleh pejabat pemerintah disebut ….
a.       norma hukum
b.      norma agama
c.       norma kesusilaan
d.      norma kesopanan
15.  Peraturan Tingkat Daerah berlaku untuk ….
a.       orang-orang miskin saja
b.      seluruh rakyat Indonesia
c.       semua penduduk Indonesia
d.      penduduk dalam daerah itu saja
16.  Tata tertib lalu lintas dibuat dengan tujuan agar ….
a.       jalanan menjadi bersih dan indah
b.      kendaraan menjadi tertib dan teratur
c.       sopir mendapatkan penumpang
d.      kendaraan bisa melaju dengan kencang
17.  Peraturan perundang-undangan yang paling tinggi kedudukannya yaitu ….
a.       UUD 1945
b.      Undang-Undang
c.       Peraturan Presiden
d.      Peraturan Pemerintah
18.  Peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan persetujuan Presiden disebut ….
a.       UUD 1945
b.      Undang-Undang
c.       Peraturan Pemerintah
d.      Peraturan Presiden
19.  Yang tidak termasuk contoh sikap patuh terhadap undang-undang adalah
a.       berkendara di sebelah kiri jalan
b.      mengendarai kendaraan tanpa SIM
c.       menggunakan helm ketika naik motor
d.      membayar pajak kendaraan tepat waktu
20.  Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional mengatur bahwa usia wajib belajar bagi anak-anak Indonesia yaitu ….
a.    6-12 tahun
b.    7-12 tahun
c.    7-15 tahun
d.    7 -21 tahun

II.  ISIAN
Lengkapilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

21.     Pasal 1 ayat (1) UUD 1945 menjelaskan bahwa negara kita adalah negara kesatuan yang berbentuk ….
22.     Negara yang berbatasan dengan Indonesia di sebelah selatan yaitu ….
23.     Cita-cita bangsa Indonesia akan terwujud apabila negara dalam keadaan … dan ….
24.     Yang wajib menjaga keutuhan NKRI adalah seluruh … Indonesia.
25.     Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita harus lebih mengutamakan kepentingan … dibanding kepentingan pribadi
26.     Mengheningkan cipta ketika upacara bendera bertujuan untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa para ….
27.     Dilihat dari sifatnya, peraturan yang berlaku dalam masyarakat ada yang bersifat perintah dan ada yang bersifat ….
28.     Peraturan Perundang-undangan Tingkat daerah disusun dan ditetapkan oleh … dan DPRD.
29.     Undang-Undang tentang Hak Azasi Manusia (HAM) adalah salah satu contoh perundang-undangan tingkat ….
30.     Proses belajar mengajar di sekolah akan berlangsung dengan tertib apabila semua warga sekolah … tata tertib.

III.   URAIAN
Kerjakanlah  dengan langkah-langkah yang tepat!

31.     Tuliskanlah 3 (tiga) fungsi Laut Indonesia!
32.     Tuliskanlah 2 (dua) cita-cita Bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945!
33.     Apa pendapatmu terhadap budaya asing, seperti minum-minuman keras, berpakaian seksi, dan pergaulan bebas? Tuliskan alasanmu!
34.     Mengapa dalam kehidupan bermasyarakat perlu ada peraturan?
35.     Tuliskanlah 2 (dua) akibatnya apabila kita melanggar undang-undang lalu lintas!
=============================Selamat Mengerjakan===========================














KUNCI JAWABAN
I.   PILIHAN GANDA

1.      B                      6.    B                           11.   C                          16.    D
2.      A                     7.    D                          12.   A                         17.    A
3.      C                      8.    A                          13.   C                          18.    D
4.      C                      9.    B                           14.   A                         19.    B
5.      C                      10.  D                          15.   D                         20.    B

II. ISIAN

21.  republik                                   26.  pahlawan
22.  Australia                                  27.  larangan
23.  damai                                       28.  Kepala daerah
24.  rakyat                                      29.  pusat
25.  umum/golongan                       30.  mematuhi

III. Jawaban

31.  (1) sebagai jalur transportasi laut;
(2) tempat mencari ikan;
(3) tempat memelihara ikan dan kerang mutiara;
(4) tempat memperoleh barang tambang.
32.  (1) mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur;
(2) mencerdaskan kehidupan bangsa;
(3) ikut melaksanakan ketertiban dunia
33.  Sesuai jawaban anak
Alternatif jawaban antara lain:
Tidak setuju karena budaya-budaya asing banyak yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Makanya budaya-budaya asing harus dipilih hanya yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
34.  Supaya masyarakat dapat hidup dengan tenteram, aman, dan damai.
35.  (1) bisa menyebabkan kita kehilangan nyawa;
(2) bisa menyebabkan orang lain celaka;
(3) bisa menyebabkan kita dihukum;
(4) dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer