KISI-KISI SOAL
ULANGAN SEMESTER
TAHUN PELAJARAN
2012/2013
SATUAN PENDIDIKAN : SD NEGERI 27 BULU-BULU
KURIKULUM : KTSP
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : V (LIMA)/I (SATU)
ALOKASI WAKTU : 60 MENIT
JUMLAH SOAL : 35 NOMOR
20 PILIHAN GANDA; 10 ISIAN; 5 URAIAN
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO. SOAL
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
|
1
|
1.1 Mendeskripsikan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
|
Batas wilayah NKRI, luas wilayah
NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik
NKRI.
|
Siswa
dapat menuliskan bentuk Negara Indonesia berdasarkan UUD 1945
|
ISIAN
|
11
|
Siswa
dapat menentukan salah satu daerah otonom dalam NKRI.
|
PG
|
1
|
|||
Siswa
dapat menentukan Negara yang yang berbatasan dengan Indonesia di sebelah selatan
|
ISIAN
|
12
|
|||
Siswa
dapat menyebutkan nama samudera yang mengapit wilayah NKRI.
|
PG
|
2
|
|||
Fungsi wilayah darat, laut, dan
udara NKRI.
|
Siswa dapat menentukan penyebab NKRI disebut Negara Kelautan.
|
PG
|
3
|
||
Siswa
dapat menuliskan 3 (tiga) fungsi wilayah laut NKRI.
|
URAIAN
|
21
|
|||
Siswa dapat menentukan fungsi wilayah laut Indonesia.
|
PG
|
4
|
|||
2
|
1.2 Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
|
Arti penting keutuhan NKRI
|
Siswa dapat menuliskan syarat-syarat mencapai
cita-cita bangsa Indonesia.
|
ISIAN
|
13
|
Siswa
dapat menentukan contoh ancaman dari luar yang dapat menimbulkan perpecahan
bangsa.
|
PG
|
5
|
|||
Siswa dapat menjelaskan pentingnya menjaga keutuhan NKRI.
|
PG
|
6
|
|||
Siswa dapat menuliskan pihak-pihak yang wajib
menjaga keutuhan NKRI.
|
ISIAN
|
14
|
|||
Siswa
dapat menjelaskan proses berdirinya NKRI.
|
PG
|
7
|
|||
Siswa
dapat menuliskan cita-cita Bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan
UUD 1945
|
URAIAN
|
22
|
|||
3
|
1.3 Menunjuk-kan contoh-contoh perilaku dalam menjaga
keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
|
Contoh-contoh atau ilustrasi
perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.
|
Siswa dapat menyebutkan sikap memelihara keutuhan
NKRI.
|
PG
|
8
|
Siswa dapat menunjukkan sikap yang sebaiknya
dilakukan oleh generasi muda dalam pembangunan nasional.
|
PG
|
9
|
|||
Siswa dapat menentukan sikap yang dapat mengganggu keutuhan NKRI.
|
PG
|
10
|
|||
siswa dapat menentukan contoh sikap yang dapat
mewujudkan persatuan bangsa.
|
PG
|
11
|
|||
Siswa dapat menuliskan sikap yang
baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
ISIAN
|
15
|
|||
siswa dapat menuliskan tujuan mengheningkan cipta
ketika upacara bendera
|
ISIAN
|
16
|
|||
Siswa dapat menjelaskan pendapatnya tentang budaya
asing yang tidak sesuai dengan keperibadian bangsa Indonesia
|
URAIAN
|
23
|
|||
4
|
2.1
Menjelaskan pengertian dan
pentingnya peraturan perundang-undangan
tingkat pusat dan daerah.
|
Pengertian peraturan
|
Siswa dapat
menyebutkan sifat-sifat peraturan
|
ISIAN
|
17
|
Siswa
dapat menyebutkan nama peraturan yang tercantum dalam kitab suci.
|
PG
|
12
|
|||
Pentingnya peraturan
|
Siswa
dapat menjelaskan pentingnya peraturan dalam kehidupan bermasyarakat.
|
URAIAN
|
24
|
||
Siswa dapat menentukan tujuan dibuatnya peraturan dalam masyarakat.
|
PG
|
13
|
|||
Pengertian perundang-undangan.
|
Siswa
mampu menyebutkan istilah untuk peraturan tertulis yang dibuat oleh pejabat
pemerintah.
|
PG
|
14
|
||
Siswa
dapat menuliskan lembaga yang menyusun dan menetapkan Peraturan
Perundang-undangan Tingkat Daerah
|
ISIAN
|
18
|
|||
Fungsi peraturan
perundang-undangan.
|
Siswa
dapat memahami fungsi peraturan yang berlaku di tingkat daerah.
|
PG
|
15
|
||
Siswa
dapat menentukan tujuan dibuatnya tata tertib lalu lintas
|
PG
|
16
|
|||
5
|
2.2
Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah,
seperti pajak, antikorupsi, lalu lintas, dan larangan merokok.
|
Tata urutan peraturan
perundang-undangan di Indonesia.
|
Siswa
dapat mengetahui peraturan perundang-undangan yang paling tinggi
kedudukannya.
|
PG
|
17
|
Siswa dapat menyebutkan peraturan perundang-undangan
yang dibuat oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan persetujuan Presiden.
|
PG
|
18
|
|||
Siswa
dapat mengetahui kedudukan undang-undang tentang Hak Azasi Manusia.
|
ISIAN
|
19
|
|||
Contoh peraturan perundang-
undangan yang berlaku di
Indonesia.
|
Siswa dapat mengetahui akibat
mematuhi tata tertib sekolah.
|
ISIAN
|
20
|
||
Siswa dapat menentukan contoh sikap tidak patuh
terhadap undang-undang.
|
PG
|
19
|
|||
Siswa
dapat menentukan usia wajib belajar anak-anak Indonesia sesuai dengan
undang-undang system pendidikan Nasional.
|
PG
|
20
|
|||
Siswa dapat menuliskan akibat melanggar
peraturan dan undang-undang lalu lintas.
|
URAIAN
|
25
|
|
UPTD PENDIDIKAN
KECAMATAN MALLAWA
SD NEGERI 27
BULU-BULU
Alamat: Dsn
Bulu-Bulu Ds Mattampapole Kec. Mallawa KP. 90563
ULANGAN UMUM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
MATA
PELAJARAN : PEND. KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : V/I
HARI/TANGGAL :
DESEMBER 2012
WAKTU : 60 MENIT
PETUNJUK
1.
Bacalah
dengan baik setiap soal sebelum menjawab!
2.
Jawablah
terlebih dahulu soal yang dianggap mudah!
3.
Periksa
kembali jawabanmu sebelum menyerahkan kepada pengawas!
4.
Jangan
lupa tulis nama pada lembar jawaban!
I. PILIHAN
GANDA
Silanglah huruf a,
b, c, atau d pada lembar jawaban sebagai jawaban yang paling benar!
1.
Yang
termasuk daerah otonom di bawah ini yaitu ….
a.
desa
b.
kelurahan
c.
kabupaten
d.
kecamatan
2.
Samudera
yang mengapit wilayah NKRI yaitu ….
a.
Samudera
Hindia dan Samudera Fasifik
b.
Samudera
Hindia dan samudera Indonesia
c.
Samudera
Fasifik dan samudera Indonesia
d.
Samudera
Indonesia dan samudera Cina Selatan
3.
Negara
Kesatuan Republik Indonesia di sebut Negara Kepulauan karena ….
a.
diapit
oleh 2 samudera
b.
terdiri
dari 5 pulau besar
c.
⅔
wilayah Indonesia adalah lautan
d.
wilayah
Indonesia dibatasi oleh laut
4.
Salah
satu fungsi wilayah laut Indonesia yaitu sebagai ….
a.
jalur
lalu lintas pesawat
b.
tempat
satelit komunikasi
c.
tempat
mendapatkan barang tambang
d.
tempat
memperoleh hasil perkebunan
5. Contoh
ancaman dari luar yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa antara lain ....
a. pertandingan
olahraga antar bangsa
b. masuknya
turis mancanegara
c. politik
adu domba antar bangsa
d. bersaing
dalam prestasi
6.
Apabila
keutuhan negara kita terjaga maka kita akan mampu menghadapi ….
a.
masa
depan kita
b.
ancaman
dan gangguan
c.
musuh
pribadi kita
d.
bangsa
yang pernah menjajah kita
7.
Negara
Kesatuan Republik Indonesia bukanlah negara yang berdiri dengan sendirinya
tetapi melalui ….
a.
pemberian
pemerintah Jepang
b.
perjuangan
para pahlawan semata
c.
hasil
perjuangan sekelompok orang saja
d.
pengorbanann
jiwa raga dan harta rakyat Indonesia
8.
Berikut
yang merupakan sikap memelihara keutuhan NKRI yaitu ….
a.
menggalang
persaudaraan segenap bangsa Indonesia
b.
memupuk
persatuan kelompok agama tertentu
c.
membina
kerukunan antar umat seagama
d.
mewujudkan
kemerdekaan negara bagian
9.
Bangsa
kita terus melaksanakan pembangunan. Sebagai bagian generasi muda, saya
sebaiknya ….
a.
tidak
ikut dalam pembangunan
b.
ikut
serta dalam pembangunan
c.
menjadi
penonton dalam pembangunan
d.
terlibat
ketika dewasa kelak
10. Keutuhan
NKRI dapat terganggu apabila masyarakat
bersikap ….
a.
tidak membedakan suku-suku
b.
saling hormat menghormati
c.
bersatu dalam perbedaan
d.
membuat golongan untuk kepentingan pribadi
11. Contoh
sikap diri sendiri yang dapat mewujudkan persatuan bangsa adalah ….
a. rasa
permusuhan yang kuat
b. dendam
dan iri hati
c. menghormati
budaya daerah lain
d.
persaingan yang tidak sehat
12. Peraturan-peraturan yang
tercantum dalam kitab suci disebut ….
a.
norma
agama
b.
norma
hukum
c.
norma
kesusilaan
d.
norma
kesopanan
13. Peraturan dalam masyarakat
sengaja dibuat agar ….
a.
peraturan
tersebut ditaati
b.
masyarakat
takut kepada pemerintah
c.
ketertiban
masyarakat terjaga
d.
masyarakat
terlindung dari serangan
14. Peraturan tertulis yang dibuat
oleh pejabat pemerintah disebut ….
a.
norma
hukum
b.
norma
agama
c.
norma
kesusilaan
d.
norma
kesopanan
15. Peraturan Tingkat Daerah berlaku
untuk ….
a.
orang-orang
miskin saja
b.
seluruh
rakyat Indonesia
c.
semua
penduduk Indonesia
d.
penduduk
dalam daerah itu saja
16. Tata tertib lalu lintas dibuat
dengan tujuan agar ….
a.
jalanan
menjadi bersih dan indah
b.
kendaraan
menjadi tertib dan teratur
c.
sopir
mendapatkan penumpang
d.
kendaraan
bisa melaju dengan kencang
17. Peraturan perundang-undangan yang
paling tinggi kedudukannya yaitu ….
a.
UUD
1945
b.
Undang-Undang
c.
Peraturan
Presiden
d.
Peraturan
Pemerintah
18. Peraturan perundang-undangan yang
dibuat oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan persetujuan Presiden disebut ….
a.
UUD
1945
b.
Undang-Undang
c.
Peraturan
Pemerintah
d.
Peraturan
Presiden
19. Yang tidak termasuk contoh sikap
patuh terhadap undang-undang adalah
a.
berkendara
di sebelah kiri jalan
b.
mengendarai
kendaraan tanpa SIM
c.
menggunakan
helm ketika naik motor
d.
membayar
pajak kendaraan tepat waktu
20. Undang-Undang tentang Sistem
Pendidikan Nasional mengatur bahwa usia wajib belajar bagi anak-anak Indonesia
yaitu ….
a.
6-12
tahun
b.
7-12
tahun
c.
7-15
tahun
d.
7
-21 tahun
II. ISIAN
Lengkapilah titik-titik di bawah
ini dengan benar!
21.
Pasal
1 ayat (1) UUD 1945 menjelaskan bahwa negara kita adalah negara kesatuan yang
berbentuk ….
22.
Negara
yang berbatasan dengan Indonesia di sebelah selatan yaitu ….
23.
Cita-cita
bangsa Indonesia akan terwujud apabila negara dalam keadaan … dan ….
24.
Yang
wajib menjaga keutuhan NKRI adalah seluruh … Indonesia.
25.
Dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara, kita harus lebih mengutamakan kepentingan …
dibanding kepentingan pribadi
26.
Mengheningkan
cipta ketika upacara bendera bertujuan untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa
para ….
27.
Dilihat
dari sifatnya, peraturan yang berlaku dalam masyarakat ada yang bersifat
perintah dan ada yang bersifat ….
28.
Peraturan
Perundang-undangan Tingkat daerah disusun dan ditetapkan oleh … dan DPRD.
29.
Undang-Undang
tentang Hak Azasi Manusia (HAM) adalah salah satu contoh perundang-undangan
tingkat ….
30.
Proses
belajar mengajar di sekolah akan berlangsung dengan tertib apabila semua warga
sekolah … tata tertib.
III. URAIAN
31.
Tuliskanlah
3 (tiga) fungsi Laut Indonesia!
32.
Tuliskanlah
2 (dua) cita-cita Bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945!
33.
Apa
pendapatmu terhadap budaya asing, seperti minum-minuman keras, berpakaian
seksi, dan pergaulan bebas? Tuliskan alasanmu!
34.
Mengapa
dalam kehidupan bermasyarakat perlu ada peraturan?
35.
Tuliskanlah
2 (dua) akibatnya apabila kita melanggar undang-undang lalu lintas!
=============================Selamat
Mengerjakan===========================
KUNCI JAWABAN
I. PILIHAN
GANDA
1.
B 6. B 11. C 16. D
2.
A 7. D 12. A 17. A
3.
C 8. A 13. C 18. D
4.
C 9. B 14. A 19. B
5.
C 10. D 15. D 20. B
II. ISIAN
21. republik 26.
pahlawan
22. Australia 27. larangan
23. damai 28. Kepala daerah
24. rakyat 29. pusat
25. umum/golongan 30.
mematuhi
III. Jawaban
31.
(1) sebagai jalur transportasi laut;
(2)
tempat mencari ikan;
(3)
tempat memelihara ikan dan kerang mutiara;
(4)
tempat memperoleh barang tambang.
32.
(1) mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur;
(2)
mencerdaskan kehidupan bangsa;
(3)
ikut melaksanakan ketertiban dunia
33.
Sesuai jawaban anak
Alternatif
jawaban antara lain:
Tidak setuju
karena budaya-budaya asing banyak yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa
Indonesia. Makanya budaya-budaya asing harus dipilih hanya yang sesuai dengan
kepribadian bangsa Indonesia.
34.
Supaya masyarakat dapat hidup dengan tenteram, aman, dan
damai.
35.
(1) bisa menyebabkan kita kehilangan nyawa;
(2) bisa menyebabkan orang lain celaka;
(3) bisa
menyebabkan kita dihukum;
(4) dan
lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar