KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
SATUAN PENDIDIKAN : SD NEGERI 27 BULU-BULU
KURIKULUM : KTSP
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : V (LIMA)/I (SATU)
ALOKASI WAKTU : 60 MENIT
JUMLAH SOAL : 35 NOMOR
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATE-RI
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
NO. SOAL
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
1.1 Menanggapi
penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan
memperhatikan santun berbahasa.
|
Teks penjelasan nara sumber
|
Disajikan sebuah kalimat pernyataan,
siswa dapat menentukan pendapat yang tepat sesuai pernyataan.
|
PG
|
1
|
disajikan kutipan wawancara,
siswa dapat menentukan kalimat tanggapan yang ada pada wawancara tersebut.
|
PG
|
2
|
|||
Disajikan sebuah kalimat rumpang,
siswa dapat melengkapi kalimat tanggapan tersebut.
|
ISIAN
|
21
|
|||
1.2 Mengidentifikasi unsur cerita
rakyat yang didengar
|
Cerita
Rakyat
|
Disajikan penggalan cerita rakyat,
siswa dapat menuliskan latar ceritanya
|
ISIAN
|
22
|
|
Disajikan penggalan cerita rakyat,
siswa dapat menentukan tokoh utama dalam cerita.
|
PG
|
3
|
|||
disajikan penggalan cerita rakyat, siswa dapat
menentukan watak tokoh pada cerita tersebut.
|
PG
|
4
|
|||
Siswa dapat memberikan tanggapan
mengenai isi cerita rakyat yang diketahui.
|
ISIAN
|
23
|
|||
2
|
2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan
memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
|
Tanggapan
tentang berbagai persoalan
|
Disajikan sebuah persoalan, siswa dapat memberi
komentar atau tanggapan yang masuk akal tentang suatu persoalan tersebut
|
URAIAN
|
31
|
disajikan sebuah permasalahan, siswa dapat
menentukan saran yang tepat permasalahan tersebut.
|
PG
|
5
|
|||
Siswa dapat menentukan kalimat saran terhadap suatu
peristiwa.
|
PG
|
6
|
|||
3
|
2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan
dengan
bahasa runtut,baik dan benar.
|
Teks
Laporan Hasil Kunjungan
|
Disajikan deskripsi hasil kunjungan, siswa dapat
menyusun laporan hasil kunjungan.
|
PG
|
7
|
4
|
2.3 Berwawancara sederhana dengan
narasumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan
pilihan kata dan santun berbahasa.
|
Teks atau rekaman wawancara
|
Siswa dapat menuliskan daftar
pertanyaan untuk wawancara;
|
URAIAN
|
32
|
Disajikan sebuah pertanyaan, siswa dapat menentukan narasumber yang tepat
untuk pertanyaan tersebut.
|
PG
|
8
|
|||
Disajikan sebuah kalimat tanya,
siswa dapat menentukan narasumber yang tepat untuk pertanyaan tersebut.
|
ISIAN
|
24
|
|||
5
|
3.1 Membaca teks percakapan dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
|
Teks Percakapan
|
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan
isi teks.
|
PG
|
9
|
Disajikan kutipan percakapan , siswa dapat menentukan
isi pokok wawancara tersebut.
|
PG
|
10
|
|||
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menemukan kalimat utama dalam
bacaan tersebut
|
uraian
|
33
|
|||
6
|
3.2 Menemukan gagasan utama suatu
teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
|
Teks Bacaan
|
Disajikan kalimat, Siswa dapat mengajukan pertanyaan
berdasarkan informasi bacaan yang telah dibaca.
|
PG
|
11
|
Disajikan 1 paragraf
teks bacaan , siswa dapat menentukan gagasan utama pada paragraph
tersebut.
|
PG
|
12
|
|||
7
|
3.3 Membaca puisi dengan lafal dan
intonasi yang tepat
|
Puisi
|
Disajikan penggalan puisi, Siswa dapat menentukan
ekspresi yang tepat ketika membacakan puisi tersebut.
|
PG
|
13
|
Siswa dapat menuliskan cara membaca puisi
dengan tepat.
|
ISIAN
|
25
|
|||
8
|
4.1 Menulis karangan berdasarkan
pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan
|
Teks Karangan
|
Disajikan kerangka karangan, siswa dapat menyusunnya dengan tepat.
|
PG
|
14
|
Siswa dapat menentukan penggunaan ejaan yang baku pada
sebuah kalimat.
|
PG
|
15
|
|||
Disajikan tiga kerangka karangan, siswa dapat mengembangkan kerangka karangan tersebut menjadi sebuah
karangan.
|
URAIAN
|
34
|
|||
9
|
4.2 Menulis surat undangan (ulang
tahun,acara keagamaan, kegiatan sekolah,kenaikan kelas, dll) dengan kalimat
efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
|
Surat undangan
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu bagian surat
|
ISIAN
|
26
|
Disajikan contoh surat, Siswa dapat menentukan nama
bagian surat yang dicetak tebal.
|
PG
|
16
|
|||
Siswa dapat menentukan bahasa yang digunakan untuk
menulis surat resmi.
|
PG
|
17
|
|||
10
|
4.3
Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan
isi serta perannya
|
Teks Dialog
|
Disajikan teks percakapan yang belum lengkap, siswa
dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
|
ISIAN
|
27
|
Disajikan dialog percakapan yang rumpang, siswa dapat
menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut.
|
PG
|
18
|
|||
11
|
5.1 Memahami dan menggunakan
kalimat tanya
|
Kalimat tanya
|
Disajikan kalimat belum lengkap, siswa dapat melengkapi
kalimat dengan kata tanya yang tepat.
|
ISIAN
|
28
|
12
|
5.2 Menggunakan imbuhan ber- dan preposisi tanpa
|
imbuhan ber-
|
Disajikan kalimat yang berisi kata dasar, siswa dapat
menentukan imbuhan yang tepat untuk melengkapi kata dasar tersebut.
|
PG
|
19
|
13
|
5.3 Mengenal tanda seru, tanda
petik, imbuhan ter, serta preposisi dengan dan karena
|
Tanda petik
|
Siswa dapat menentukan penggunaan tanda petik yang
benar dalam kalimat
|
PG
|
20
|
Imbuhan ter-
|
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menentukan makna
awalan ter- pada kalimat tersebut.
|
ISIAN
|
29
|
||
|
5.4 Menggunakan kalimat harapan
|
Kalimat harapan
|
Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat menentukan
kata-kata pengharapan yang tepat.
|
ISIAN
|
30
|
14
|
5.5 Memahami kalimat majemuk setara
|
kalimat majemuk setara
|
Siswa dapat membuat kalimat majemuk setara dengan
konjungsi tetapi kemudian
memenggalnya ke kalimat asalnya
|
URAIAN
|
35
|
PEMERINTAH KABUPATEN MAROS
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN MALLAWA
SD NEGERI 27 BULU-BULU
Alamat: Dsn Bulu-Bulu Ds
Mattampapole Kec. Mallawa KP. 90563
ULANGAN UMUM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : V/I
HARI/TANGGAL :
WAKTU : 60 MENIT
PETUNJUK
1.
Bacalah dengan baik setiap soal sebelum menjawab!
2.
Jawablah terlebih dahulu soal yang dianggap mudah!
3.
Periksa kembali jawabanmu sebelum menyerahkan kepada
pengawas!
4.
Jangan lupa tulis nama pada lembar jawaban!
I. PILIHAN GANDA
Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada lembar jawaban sebagai jawaban
yang paling benar!
1.
Karena
anaknya bermain petasan, rumah Pak Bakri kebakaran.
Pendapat yang tepat sesuai dengan pernyataan di atas adalah
….
a.
Siapa
yang kebakaran rumahnya?
b.
Syukurlah,
semua keluarga Pak Bakri selamat semua.
c.
Apabila
tidak dibantu warga memadamkannya, rumah itu akan habis terbakar.
d.
Kebakaran
itu sebenarnya dapat dihindari apabila kita mencegah hal-hal yang bisa menimbulkannya
2.
Hendra : “Di sini saya lihat banyak sampah,
untuk apa itu, Pak?”
Pak Budi : “Oh, sampah ini, (sambil menunjuk
sampah di dalam karung) Ini adalah
bahan
untuk membuat mainan.”
Hendra : “Wah, Bapak hebat sekali, barang yang
sudah tidak berguna, Bapak
gunakan
untuk membuat sesuatu yang bernilai”
Pak Budi : “Yah, begitulah pekerjaan Bapak.”
Kalimat tanggapan pada
wawancara di atas adalah ….
a.
“Di
sini saya lihat banyak sampah, untuk apa itu, Pak?”
b.
“Oh,
sampah ini, (sambil menunjuk sampah di dalam karung) Ini adalah bahan untuk
membuat mainan.”
c.
“Wah,
Bapak hebat sekali, barang yang sudah tidak berguna, Bapak gunakan untuk
membuat sesuatu yang bernilai”
d.
“Yah,
begitulah pekerjaan Bapak.
3.
Baginda Singa adalah penguasa rimba yang
sangat ramah terhadap semua penghuni rimba. Mulai dari semut, kelinci, sampai
gajah, ataupun penghuni rimba lainnya merasa aman dan tenteram dalam
kepemimpinan Sang Baginda
Tokoh sentral pada cerita di atas adalah
....
a.
Baginda Singa
b.
Semut
c.
Gajah
d.
Tikus
4.
Watak tokoh pada cerita di atas adalah ....
a.
Peramah
b.
Penyayang
c.
Penolong
d.
Pengasih
5.
Suatu
hari temanmu mengeluh tidak dapat memahami materi pelajaran yang menurutmu
sangat mudah. Ia juga sudah berusaha mempelajari kembali materi itu. Namun ia
tetap belum paham.
Saran yang tepat untuk
permasalahan di atas adalah .…
a.
Dasar
bodoh! Kamu harus rajin belajar.
b.
Mari
kita pelajari bersama materi itu!
c.
Tidak
usah membahasnya karena materi itu tidak penting.
d.
Jangan
dibahas juga.
6.
Kalimat
Saran yang tepat atas pernyataan di bawah ini adalah ….
a.
“Saya
setuju dengan ucapanmu”
b.
“Baju
Ira yang dipakai semalam sangat bagus”
c.
“Meskipun
kaya, Lina itu orangnya rendah hati”
d.
“Sebaiknya
kamu jangan menyontek ketika ulangan”
7.
(1) Pasar
(2)
Kamis,
8 Desember 2011, pukul 07.30
(3)
Barang-barang
yang dijual di pasar Mallawa
(4)
Barang-barang
yang di jual di pasar Mallawa kebanyakan merupakan kebutuhan sehari-hari
Yang merupakan waktu dan judul laporan
pengamatan di atas adalah yang bernomor ….
a.
1
dan 2
b.
2
dan 3
c.
3
dan 4
d.
1
dan 4
8. Apakah bapak tidak takut dengan badai atau gelombang ketika mencari
nafkah?
Pertanyaan di atas paling tepat
ditanyakan kepada seorang ….
a.
nelayan
b.
penyelam
c.
petani
d.
pengusaha
9.
Bacalah
paragraf berikut!
Hari Minggu merupakan hari yang menyenangkan bagi keluarga Pak
Imran. Seperti biasa, keluarga Pak Imran berlari pagi melewati taman-taman
hijau yang indah. Mereka tampak riang gembira.
Berdasarkan cerita di atas, hari Minggu merupakan hari yang
menyenangkan bagi keluarga Pak Imran karena ….
a.
keluarga
Pak Imran tidak melakukan kegiatan rutin
b.
keluarga
pak Imran dapat bersenang-senang
c.
keluarga
Pak Imran berolahraga
d.
keluarga
Pak Imran libur
10. Ridwan : “Mir,
kamu udah dengar berita tentang Rina,
belum?”
Mira :
“Belum, emang kenapa Rina?”
Ridwan : “Sepulang sekolah kemarin, Rina jatuh dari
sepeda karena terserempet
sepeda motor.”
Pokok isi percakapan
di atas adalah ….
a.
Kemarin
Rina terserempet motor karena jatuh dari sepeda.
b.
Kemarin
Rina terjatuh setelah pulang dari sekolah
c.
Kemarin
Rina terserempet motor di depan sekolah
d.
Kemarin
Rina terjatuh karena terserempet motor.
11.
Irma
baru saja pulang dari sekolah, ia pun kemudian bergegas ke kamar. Ia berjalan
mendekati kamarnya yang berdekatan dengan kamar ibu sambil tersenyum-senyum
karena berhasil menjadi juara pada lomba mengarang di sekolahnya.
Pertanyaan yang tepat berdasarkan bacaan di atas adalah ….
a.
Mengapa
Irma merasa gembira?
b.
Kapan
Irma pulang sekolah?
c.
Bagaimana
keadaan Irma?
d.
Dimana
ibu Irma?
12. Toko Pak
Karim sangat ramai. Setiap hari penuh dikunjungi oleh pembeli. Selain karena
murah, pelayanana di toko ini juga sangat ramah dan menghargai pembeli. Bila
ada pembeli yang menanyakan harga barang, dengan tersenyum Pak Karim
menjawabnya dengan sopan.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ….
a.
Toko
Pak Karim sangat ramai.
b.
Setiap
hari penuh dikunjungi oleh pembeli.
c.
Selain
karena murah, pelayanana di toko ini juga sangat ramah dan menghargai pembeli.
d.
Bila
ada pembeli yang menanyakan harga barang, dengan tersenyum Pak Karim
menjawabnya dengan sopan.
13. Pengemis tua, keriput berkerut
Hidup merana tanpa sanak saudara
Jalan pelan beringsut
Lemah tiada berdaya
Ekspresi yang tepat ketika membacakan puisi di atas adalah ….
a.
gembira
b.
sedih
c.
biasa
saja
d.
tertawa
14. (1) Ia luka parah.
(2)
Ia
di angkut ke rumah sakit.
(3)
Amir
menyeberang di luar jalur penyeberangan.
(4)
Ia
ditabrak sepeda motor.
Susunan kerangka karangan yang
tepat di atas adalah ….
a.
1-3-2-4
b.
2-3-1-4
c.
3-4-1-2
d.
4-1-2-3
15. Penggunaan ejaan yang baku di bawah
ini adalah ….
a.
Emang
kamu mau kemana?
b.
Udah,
jangan berengkar lagi!
c.
Kamu
mau pigi kemana?
d.
Dia
keluar masuk kantor
melamar pekerjaan
16. Bone,
5 Desember 2012
Kepada
Yth. Paman Herman Rifai
Jln. Pasar Ikan No. 63
Makassar
….
Kalimat yang dicetak
tebal di atas merupakan ….
a.
kepala
surat
b.
tempat
dan tanggal surat
c.
alamat
tujuan surat
d.
pengirim
surat
17. Penulisan surat resmi harus
menggunakan bahasa yang ….
a.
Santai
b.
Baku
c.
Indah
d.
mudah
18. Anak :
“Selamat siang, Pak! Boleh saya mengganggu sebentar?”
Orang tua : “Boleh,
boleh! Apa yang bias saya bantu”?
Anak :
“Bagaimana cara menemukan alamat ini?” (Sambil menyodorkan secarik
Kertas)
Orang tua : “Mudah, Nak! Naik becak saja ikuti jalan ini, terus ada simpang
tiga belok
kiri. Ongkos becaknya seribu rupiah.”
Anak :
“…”
Kata-kata yang tepat diucapkan anak tersebut
adalah ….
a.
Ah,
jauh amat sih, Pak!
b.
Terima
kasih,Pak!
c.
Aduh,
mahal sekali ongkos becaknya!
d.
Ah,
capek, Pak!
19.
Karena
takut ditinggal sendirian, saya teriak
memanggil ibu sekeras-kerasnya.
Imbuhan yang tepat digunakan pada kata bergaris tebal yaitu
….
a.
ter-
b.
per-
c.
ber-
d.
me-
20. Penggunaan tanda petik yang benar
pada pernyatan di bawah ini adalah ….
a.
Syaiful
berkata, “dia akan berangkat ke Toraja besok.”
b.
“Saya
akan berangkat ke Toraja besok, kata syaiful”
c.
“Kata
Syaiful, dia akan berangkat ke Toraja besok”
d.
Kata
Syaiful, “saya akan berangkat ke Toraja besok.”
II. ISIAN
Lengkapilah
titik-titik di bawah ini dengan benar!
21.
Supaya banjir tidak terjadi lagi, ...
kita menghijaukan hutan yang telah gundul itu.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat saran di atas
adalah ....
22.
Perempuan itu sebatang kara. Tidak ada
seorang pun saudara, anak, atau cucunya yang masih hidup. Ia tinggal di sebuah
gubuk. Gubuk itu sudah amat tua sebagian bilik kamarnya sudah berantakan.
Atapnya sudah banyak yang rusak.
Latar suasana cerita di atas adalah ....
23.
Cerita
“Maling Kundang” mengisahkan tentang anak yang ….
24.
Dalam
setahun, berapa ton jagung yang dihasilkan kebun bapak?
Kalimat tanya
di atas digunakan untuk mewawancarai seorang ….
25.
Pembacaan ... yang baik haruslah dengan lafal,intonasi,
ekspresi, dan penghayatan yang tepat.
Kata yang tepat untuk melengkappi kalimat di atas adalah ….
26. Pembuatan surat diawali dengan
penulisan nama … dan … surat
27. Dita :
”Mit, besok, rencanamu mau kemana?”
Mita : ”Insyaallah kalau ... halangan
saya mau ikut ayah ke kebun.”
Kata yang tepat untuk mengisi teks percakapan di
atasadalah ....
28. “Mas, … harga baksonya semangkok?”
Kata tanya
yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ….
29. Karena memikirkan orang tuanya yang
sakit Alif tertabrak motor.
Makna awalan
ter- pada kata tertabrak adalah …
30. … kamu selamat sampai di tujuan.
Kata yang
tepat untuk melengkapi kalimat harapan di atas adalah ….
III. URAIAN
31. Pencurian hewan ternak semakin sering
terjadi.
Berikan 2 (dua) tanggapanmu terhadap persoalan di atas!
32. Tuliskanlah
4 (lima) daftar pertanyaan untuk mewawancarai seorang dokter!
33. Siswa kelas V SD Macowa mengadakan
kegiatan bakti sosial. Mereka membersihkan selokan-selokan dan sarana umum.
Mereka bekerja dengan giat dan gembira. Kegiatan berakhir sekitar pukul 11.30.
Tentukanlah kalimat utama pada paragraf di atas
34. (1) Hari libur
(2)
Menjaga adik
(3)
Mendapat hadiah dari ibu
Kembangkanlah
kerangka karangan di atas menjadi sebuah karangan!
35. (a)
Buatlah 2 (dua) buah kalimat majemuk dengan konjungsi tetapi !
(b)
Penggallah
masing-masing kalimat tersebut menjadi dua kalimat asalnya!
=============================Selamat
Mengerjakan===========================
KUNCI JAWABAN
I. PILIHAN GANDA
1.
D 6. D 11. A 16. C
2.
C 7. B 12. A 17. B
3.
A 8. A 13. B 18. B
4.
A 9. C 14. C 19. C
5.
B 10. D 15. D 20. D
II.
ISIAN
21. sebaiknya 26. tempat,
tanggal
22. menyedihkan 27. tidak ada
23. durhaka 28.
berapa
24. petani 29.
Tidak sengaja
25. puisi 30. Semoga/mudah-mudahan/moga-moga
III.
Jawaban
31.
Sesuai
jawaban anak, alternatif jawaban antara lain:
(1)
Sebaiknya penduduk berhati-hati melepas
ternaknya (saran)
(2)
Pencurian ternak seperti itu disebabkan karena
miskinnya penduduk (komentar).
32.
Sesuai
jawaban anak, alternatif jawaban antara lain:
(1)
Dok, penyakit apa yang sering dokter
layani;
(2)
Bagaimana cara pencegahan penyakit TBC?
33.
Siswa kelas V SD Macowa mengadakan
kegiatan bakti sosial
34.
Sesuai
jawaban anak, alternatif jawaban antara lain
Hari ini hari pembagian rapor, kami
semua siswa-siswi SD Negeri 27 Bulu-bulu dikumpulkan dalam sebuah ruangan.
Sambil bercengkerama dengan teman, kami menunggu dengan was-was nilai rapor
kami. ... dan seterusnya.
35.
Sesuai jawaban anak, alternatif jawaban
antara lain:
(1)
Sebaiknya penduduk berhati-hati melepas
ternaknya (saran)
(2)
Pencurian ternak seperti itu disebabkan karena
miskinnya penduduk (komentar).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar