Laman

Minggu, 23 Desember 2012

Belajar Menulis ketika Libur


  Waktu libur hampir tiba seiring dengan pembagian Lembar Hasil Belajar Siswa. Untuk daerah Kabupaten Maros berdasarkan Kalender Pendidikan Sekolah Tingkat SD waktu libur mulai tanggal 30 Desember sampai dengan 5 Januari 2013. Jadi kurang lebih 1 minggu siswa SD akan libur.
            Meskipun libur, bukan berarti siswa meliburkan semua kegiatan belajarnya. Banyak hal yang bisa menjadi bahan dan cara belajar di luar sekolah. Dengan bergaul bersama teman ataupun kerabat, dengan mengamati lingkungan sekitar ataupun dengan mengerjakan tugas-tugas dari sekolah yang diberikan oleh bapak/ibu guru sebelum libur. Sebagai seorang guru harus jeli melihat hal ini, janganlah membiarkan hari libur menjadi hari-hari yang tidak digunakan (untuk mengajari siswa). Waktu yang cukup panjang itu gunakanlah untuk mengarahkan siswa untuk mengisinya dengan sesuatu yang berguna bagi dirinya kelak. Misalnya dengan cara memberikan tugas menulis tentang pengalaman siswa selama libur. Tentu hal seperti ini sangat berguna dalam mengenalkan kepada mereka keterampilan menulis. Karena menulis, sudah menjadi opini umum bahwa menulis merupakan kegiatan yang sulit namun dengan pembiasaan sejak dini maka kegiatan ini tidak lagi menjadi sebuah masalah yang serius.
(waduhh, jadi panjang lebar bahasannya). Yang ingin penulis ingin sampaikan/beritakan penulis ingin menugaskan siswa-siswi penulis untuk menuliskan kegiatan atau pengalamannya selama libur (begitu saja lapor). Meskipun ini usaha yang ‘kecil’ namun penulis mengharapkan siswa-siswi bisa belajar menulis sekaligus mengisi waktu liburnya dengan kegiatan yang bermanfaat. Dan, InsyaALLAH setelah libur selesai, hasil tulisan siswa akan diposting lagi pada blog ini.

NB: Tulisan penulis juga “kacau-balau” dikarenakan penulis tidak terampil menulis yang dikarenakan penulis tidak terbiasa menulis sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer