Laman

Minggu, 20 Januari 2013

Karangan Siswa Selama Liburan Semester


Menulis merupakan salah astu aspek kebahasaan selain dari aspek berbicara, membaca, dan mendengar/menyimak. Keempat aspek kebahasaan itu merupakan keterampilan artinya kemampuan tersebut dapat diperoleh dengan cara berlatih. Berlatih secara sistematis, terus menerus, dan penuh disiplin menurut para ahli dapat meningkatkan keterampilan menulis seseorang. Selain dengan berlatih bekal lain yang dibutuhkan agar mampu terampil dalam menulis adalah pengetahuan, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus ditempuh dalam menulis.

Berlatih menulis seharusnya dimulai sejak dini.  Segala sesuatu yang dilakukan sejak dini menjadikan segala sesuatu itu akan mudah dilakukan dikemudian hari. Berdasarkan pada kenyataan inilah, penulis sebagai salah seorang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan tergerak untuk mengajarkan kepada siswa-siswanya untuk membiasakan diri (berlatih) dalam menulis. Masa libur semester ganjil yang lumayan panjang, sekitar dua minggu adalah waktu yang tepat digunakan oleh siswa-siswa untuk belajar menulis karena kegiatan-kegiatan pembelajaran di ruang kelas otomatis tidak ada. 

Di bawah ini disajikan hasil tulisan/karangan siswa kelas lima SD Negeri 27 Bulu-Bulu Kec. Mallawa Kab. Maros Prov. Sulawesi selatan selama liburan semester ganjil TP 2012/2013.  Tulisan yang dibuat oleh siswa-siswa tersebut masih jauh dari harapan. Masih banyak sekali kesalahan-kesalahan di dalamnya. Misalnya, penulisan huruf kapital di awal kalimat atau kata yang seharusnya menggunakan hauruf kapital namun menggunakan huruf kecil, penulisan tanda baca yang tidak digunakan mengakhiri kalimat, penggunaan kata depan yang disambung misalnya dimakassar, kelengkapan huruf dalam sebuah kata, dan lain-lainya. Namun sebagai proses pembiasaan, hal ini sebagai langkah awal dalam belajar menulis.



Liburan
Oleh Wiwi Maulidya
Pada hari Minggu tanggal 29 Desember  saya dan keluarga Pergi KeMakassar. Diperjalanan saya ketiduran. Saya terbangun ketika omku singgah beli jagung. Tak terasa kamipun tiba di rumah dan saya langsung tidur karena kecapean.
Keesokan harinya saya bangun pagi-pagi dan langsung mandi kemudian sarapan sambil nonton. Tiba-tiba tanteku datang dan mengajakku pergi berbelanja, hatiku sangat senang. Dia mengajakku ke karebosi Link disana saya sangat kagum karena pusat perbelanjaan tersebut terletak di bawah tanah, dan kita bisa ke MTC dengan berjalan di bawah tanah.
Malam harinya saya bingung mau tahun baru sama siapa? karena banyak keluarga yang mengajakku tapi aku lebih memilih Tante Masna, kamipun pergi kepantai tepatnya di mesjit terapung, di atas laut. Disana sangat ramai banyak Penjual terompet, topeng, dan bandol yang ada lampunya. menjelang Pergantian tahun tiba saya menutup telinga karena takut mendengar bunyi petasan dan bunyi terompet. Setelah itu kami pun pulang dan saya langsung tidur.
Tanggal 3 tepatnya malam jumat saya ke MALL Bermain sama sepupu, saya bermain motor-motor, tenis meja , dan tembak-tembak. Setelah kami puas bermain, kami pun pulang.
Tanggal 5 malam minggu saya dijemput sama om untuk pergi ke hertasning waktu itu hujan sangat deras. Waktu ditengah jalan saya kaget karena tiba-tiba motor mati dan saya turun dari motor. Saya lebih kaget lagi karena Pada saat saya turun Saya menginjak got yang sangat luas yang airnya rata dengan jalan raya untung saya pintarberenang. om saya kaget melihatku karena saya berenang menghampirinya. Saya kaget sambil ketawa apabila kuingat waktu itu. Itulah pengalaman saya selama liburan diMakassar.
      

Liburan
Oleh Wilda Yuliasmin
Hari ini Hari Rabu, saya dan mama dan adikku mau pergi kemakassar. saya mengendarai mobil, sesampai dicamba kepala saya sakit, dan Resa munta. Sesampai dirumah alif saya melihat alif main hujan-hujanan. Saya turun dari mobil saya langsung kekamar kakak Ria. di rumahnya alif saya makan udang bersama ayu. Saya langsung pergi beli Qetela dan minuman. saya makan Qetela saya bersama uni, Alif, Resa, dan saya beli tadi. Saya minum minuman itu langsung minuman tumpah dibajuku. Saya ganti dengan baju kakak Ria.
Hari ini hari sabtu, saya dan mamaku pergi kekebun. Saya mengendarai motor disana saya menanam kacang panjang, labu, dan lombok. waktu saya mau pulang saya melihat babi. saya menyuruh mamaku membalap motornya. Sesampai didepan rumah tateku saya melihat ada kayu jatuh. Sampai dirumaku saya turun dari motor. Saya langsung pergi makan karna saya lapar. Sesudah makan saya pergi bermain dirumah Resa bersama Putri. Sesudah bermain saya pergi kerumah saya menonton film. Saya menonton film itu sampai habis.
Hari ini hari minggu, saya dan Resa pergi kemallawa. Saya mengendarai mobil nenek saya. Sesampai di rumah nenekku saya melihat Fikki dan Ria. saat membakar ikan Fikki dimarahi mamanya karna membuat kue dari tanah lihat. Sesudah mamanya membakar ikan Fikki pergi mandi disungai. Sesudah mandi Fikki langsung Makan. Sesudah makan Fikki pergi tidur bersama Ria. sesudah tidur Fikki pergi bersama kita dengan mengendarai mobil. Sesampai dirumah resa papanya makan mangga. Sesudah makan mangga Ria, mamanya, dan Fikki pergi kerumahkuh minum teh panas. waktu Fikki, papanya, mamanya, dan Ria mau pulang kerumahnya. Saya dikasih uang seratus ribuh saya disuruh bagi tiga sama Resa dan ayu       


Liburan
Oleh Lisna
Pada saat liburan saya pergi kemakassar bersama Ayah, Ibu, dan adikku ibuku dan Adikku naik mobil sedangkan aku dan ayahku mengendarai motor saya pergi dan Ayahku Pergi sedangkan ibuku, dan adikku belum pergi karna mobilnya belum ada.
            Ditengah perjalanan saya tidur sebentar sekali terus aku dan ayahku keliling-keliling karna ayahku tidak tahu jalanannya terus kita berbelok lalu kita temukan jalanannya. sesampainya dirumah saya kaget karna tante masna pinda rumah lagi.
Setelah sore Adikku dan ibuku sampai dirumah tante masna malam harinya saya diajak ke pantai losari saya pergi bersama adikku, tanteku, kakakku, Ayahku, ibuku dan lain-lain. kami sampai dipantai kami pergi jalan-jalan setelah jam 12 kembang api kelihatan sangat cantik Sesudahnya itu kami pulang besok harinya saya munta-munta lalu besok harinya saya pulang kerumahku
Itulah pengalamanku di makassar
  

Disunat
Oleh Aldiansyah
            Pada hari minggu saya ingin disunat. Waktu dokter sudah ada dirumahku saya takut.saya pergi berudu dulu sudah berudu sesudah berudu saya naik kerumah memakai sarung. sesudah itu saya baring ditempat tidur. sesudah disunat saya keluarduduk dan saya dikasi obat. sesudah saya dikasi obat saya membayarnya. sesudah itu sayamakan obat yang diberikan Dokter itu. sesudah saya makan obat saya langsu tidur.     


berlibur
Oleh Rahma
TAHUN BARU
Pada hari Senin sore hari saya pergi tahun baru di rumah Pak haris. Saya disana ketemu ika.  Pada saat saya pulang dari rumah Pak haris, saya pergi kerumah kakak saya. disana Juga bagus dan menyenangkan saya senang sekali tak lama kemudian saya tidur 


Disunat
Oleh Lutfi Mahmudar
                        Pada hari minggu aku disunat aku merasa takut dan aku mula-mula aku disunat pertama tama aku disuntit aku merasa sakit da lema sesuda disuntit aku tidak merasakan sakit aku juga merasa takut tetapi di waktu disunat aku ditaya sakit atau tidak aku bilang tidak lama lama aku di suruh cahadat dan sesudah itu dijahit lagi aku ditaya sakit atau tidak aku bilang tidak sesudah itu di perbang sesuda itu selesai.



Disunat
Oleh Ardyansyah
Pada Hari minggu saya disunatbersama uppi dan Aldi ketika saya disunat saya merasa ketakutan sewaktu disuntit saya merasa sakit.
Ketika disunat saya merasa kesakitan karena di suntit.
ketika diperban saya tidak merasa saki karena dokter menyuntinya.
Setela disunat saya meminum obat karena saya disuru oleh dokter.
setelah meminum obat saya makan sesuda makan saya langsung pergi tidur.
setelah makan saya langsung tidur dikamar saya.
setelah  tidur saya pergi menonton Telepisi bersama adik saya.
dan setelah menonton saya langsung pergi tidur lagi bersama adik dan ibu saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer