Laman

Sabtu, 31 Maret 2012

ulangan Harian IPS Kelas 5 Semester 2


KISI-KISI SOAL ULANGAN HARIAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SATUAN PENDIDIKAN         : SD NEGERI 27 BULU-BULU
KURIKULUM                         : KTSP
MATA PELAJARAN               : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS/SEMESTER                : V (LIMA)/II (DUA)
ALOKASI WAKTU                 : 60 MENIT
JUMLAH SOAL                      : 20 NOMOR

NO.
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO. SOAL
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1
2.1    Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang
Zaman penjajahan bangsa Eropa di Indonesia
Siswa dapat menjelaskan tujuan awal kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia.
Pilihan Ganda
1
Siswa dapat menuliskan perkumpulan dagang yang didirikan oleh Belanda.
Isian
11
Siswa dapat memahami yang dimaksud dengan Sistem Tanam Paksa.
Uraian
16
Siwa dapat menentukan pemimpin perlawanan rakyat Maluku terhadap Belanda.
Pilihan Ganda
2
2
2.2    Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang
Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
Peranan sumpah pemuda 28 Oktober 1928 dalam mempersatukan Indonesia
Siswa dapat menjelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah Nusantara ke dalam kekuasaan Pemerintah Belanda.
Uraian
17
Siswa dapat menjelaskan akibat sistem penarikan pajak oleh Belanda terhadap rakyat Indonesia.
Pilihan Ganda
3
Siswa dapat menuliskan daerah asal Pangeran Antasari.
Isian
12
Siswa dapat menuliskan pejuang wanita yang berasal dari Aceh
Pilihan Ganda
4
Siswa dapat menjelaskan akibat yang dialami oleh rakyat Indonesia selama pendudukan Jepang.
Pilihan Ganda
5
Siswa dapat menentukan nama sitem kerja paksa yang diberlakukan oleh Jepang.
Pilihan Ganda
6
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)


Siswa dapat menyebutkan tokoh pergerakan nasional yang mendirikan Taman Siswa.
Isian
13
Siswa dapat membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional.
Uraian
18
Siswa dapat menentukan tokoh Pahlawan Nasional yang berasal dari Sulawesi selatan.
Pilihan Ganda
7
Siswadapat menjelaskan peranan sumpah pemuda terhadap rakyat Indonesia.
Pilihan Ganda
8
Siswa dapat menuliskan isi Sumpah Pemuda.
Uraian
19
Siswa dapat menetukan tokoh yang mengetuai BPUPKI.
Pilihan Ganda
9
Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
Siswa dapat menuliskan Badan yang dibentuk oleh Jepang dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
Isian
14
Siswa dapat menetukan pokok pembahasan pada siding I BPUPKI.
Pilihan Ganda
10
Siswa dapat Mengidentifikasi tokoh yang mengusulkan Nama Pancasila dalam Sidang BPUPKI pertama.
Isian
15
Siswa dapat menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh pahlawan.
Uraian
20

Text Box:
 
PEMERINTAH KABUPATEN MAROS
                        UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN MALLAWA
                        SD NEGERI 27 BULU-BULU
                       Alamat: Dusun Bulu-Bulu Desa Mattampapole Kec. Mallawa KP. 90563
 

ULANGAN HARIAN SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
MATA PELAJARAN   : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER  : V/II
HARI/TANGGAL        : KAMIS/22 MARET 2012
WAKTU                       : 60 MENIT
PETUNJUK
1.    Bacalah dengan baik setiap soal sebelum menjawab!
2.    Jawablah terlebih dahulu soal yang dianggap mudah!
3.    Periksa kembali jawabanmu sebelum menyerahkan kepada pengawas!
4.    Jangan lupa tulis nama pada lembar jawaban!

I.    PILIHAN GANDA
Silanglah huruf a, b, c, atau d sebagai jawaban yang paling benar!

1.    Tujuan pertama bangsa Belanda datang ke Indonesia adalah ....
a.   memajukan pertanian
b.   menanam modal
c.   berdagang rempah-rempah
d.   menguasai wilayah Indonesia

2.    Pemimpin pemberontakan rakyat Maluku melawan Belanda adalah ….
a.   Pangeran Diponegoro
b.   Tuanku Imam Bonjol
c.   Pangeran Antasari
d.   Kapten Pattimura

3.    Penarikan pajak oleh Belanda terhadap rakyat Indonesia mengakibatkan ....
a.   Pemerintah Belanda mengalami kerugian
b.   banyak sekolah yang di bangun di Indonesia
c.   Rakyat Indonesia semakin menderita
d.   sistem kerja paksa diberhentikan

4.    Pejuang wanita yang berasal dari Aceh bernama ....
a.   Christina Martha Tiahahu
b.   Cut Nyak Dien
c.   R.A. Kartini
d.   Dewi Sartika

5.    Selama pendudukan Jepang di Indonesia, rakyat mengalami ....
a.   penderitaan yang lebih pedih dibandingkan penjajahan Belanda
b.   sedikit kemajuan dibandingkan selama penjajahan Belanda
c.   hal yang sama ketika masa penjajahan Belanda
d.   masih lebih baik dibandingkan dengan masa penjajahan Portugal

6.    Kerja paksa yang diterapkan Jepang disebut ...
a.   rodi
b.   tanam paksa
c.   kerja bakti
d.   romusha

7.    Tokoh pejuang nasional yang berasal dari Sulawesi Selatan adalah ....
a.   Sultan Nuku
b.   Sultan Hasanuddin
c.   Sultan Baabullah
d.   Pangeran Diponegoro

8.    Peristiwa Sumpah Pemuda telah menggugah hati rakyat Indonesia untuk mewujudkan ...
a.   rasa kegotongroyongan bangsa
b.   rasa benci terhadap penjajah Belanda
c.   rasa persatuan dan kesatuan bangsa
d.   rasa kebangsaan Indonesia

9.    BPUPKI diketuai oleh ....
a.   dr. Radjiman Wedyodiningrat
b.   Prof. Dr. Soepomo
c.   Muhammad yamin
d.   Drs. M. Hatta

10.  Sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 membahas tentang ….
a.  Pernyataan Indonesia Merdeka
b.  Dasar Negara
c.  Presiden dan Wakil Presiden
d.  Undang-Undang Dasar

II.   ISIAN
Lengkapilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

11.  Untuk kepentingan perdagangan, Belanda mendirikan perserikatan dagang yang disebut ….
12.  Pangeran Antasari adalah pahlawan yang berasal dari daerah ....
13.  Tokoh pergerakan nasional yang mendirikan Taman Siswa adalah ….
14.  Lembaga yang dibentuk menggantikan BPUPKI adalah ….
15.  Nama ‘Pancasila’ sebagai dasar negara diusulkan oleh ….

III.    URAIAN
Kerjakanlah  dengan langkah-langkah yang tepat!

16.  Jelaskan apa yang di maksud dengan sistem tanam paksa!
17.  Jelaskan mengapa daerah-daerah di Nusantara jatuh ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda!
18.  Tuliskanlah riwayat hidup (nama, tempat dan tanggal lahir, usaha yang dilakukan, organisasi yang didirikan) tokoh Dewi Sartika!
19.  Tuliskanlah isi Sumpah Pemuda yang yang dihasilkan pada kongres  Pemuda II di Jakarta!
20.  Tuliskanlah 2 (dua) caramu mengisi kemerdekaan supaya kita selalu dapat menghargai jasa-jasa tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan!



===============================Selamat Mengerjakan=============================
KUNCI JAWABAN
I.   PILIHAN GANDA
1.      C                      6.  D
2.      D                     7.  B
3.      C                      8.  C
4.      B                      9.  C
5.      A                     10.B

II. ISIAN                                
11.  VOC
12.  Banjarmasin
13.  Ki Hajar Dewantara
14.  PPKI
15.  Ir. Soekarno                                                    
                                   
III. Uraian
16.  Sistem Tanam Paksa adalah aturan Belanda yang memaksa rakyat untukn menanam tanaman perdagangan seperti tembakau, tebu, karet, kopi, cokelat, rami, dan kina.
17.  Daerah-daerah Nusantara jatuh ke dalam kekuasaan Belanda disebabkan karena:
a.       Tidak ada persatuan antara raja-raja di Indonesia;
b.      Peralatan VOC lebih lengkap dan lebih baik;
c.       VOC menjalankan politik perang, perjanjian, adu domba, dan memecah belah kekuatan raja-raja Indonesia;
d.      VOC menggunakan sistem monopoli.
18.  Riwayat Hidup Dewi Sartika
a.       Nama                                 :
Dewi Sartika
b.      Tempat dan tanggal lahir    :
Cicalengka, Jawa Barat, 4 Desember 1884
c.       Usaha yang dilakukan        :
memperjuangkan kemajuan kaum wanita Indonesia agar memiliki kedudukan dan derajat yang sama dengan kaum pria
d.      Organisasi yang didirikan   :
Mendirikan Sakola Istri (Sekolah Perempuan)/Sakola Kautamaan Istri
19.  Isi sumpah Pemuda, yaitu;
Pertama:      Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua:         Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga:         Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
20.  Sesuai jawaban siswa, alternatif jawaban antara lain;
Cara menghargai jasa-jasa tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan;
a.       Menjaga hasil karya mereka;
b.      Melanjutkan cita-cita mereka menuju bangsa Indonesia yang maju.

Pedoman penilaian
1.      Soal pilihan ganda setiap soal skornya 2, skor maksimal 20.
2.      Soal isian setiap soal skornya 3, skor maksimal 15.
3.      Soal uraian, skor maksimal 20.
Ø  Nomor 16 skor 3
Ø  Nomor 17 skor 4
Ø  Nomor 18 skor 4
Ø  Nomor 19 skor 5
Ø  Nomor 20 skor 4
Skor perolehan
Skor maksimal
 
 

Nilai akhir = nilai perolehan/nilai maksimal X 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer