KISI-KISI SOAL
ULANGAN HARIAN
TAHUN PELAJARAN
2011/2012
SATUAN PENDIDIKAN : SD NEGERI 27 BULU-BULU
KURIKULUM : KTSP
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS/SEMESTER : V (LIMA)/II (DUA)
ALOKASI WAKTU : 60 MENIT
JUMLAH SOAL : 20 NOMOR
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
NO. SOAL
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
2.1
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh
pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang
|
Zaman penjajahan bangsa Eropa di Indonesia
|
Siswa
dapat menjelaskan tujuan awal kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia.
|
Pilihan
Ganda
|
1
|
Siswa dapat
menuliskan perkumpulan dagang yang didirikan oleh Belanda.
|
Isian
|
11
|
|||
Siswa
dapat memahami yang dimaksud dengan Sistem Tanam Paksa.
|
Uraian
|
16
|
|||
Siwa
dapat menentukan pemimpin perlawanan rakyat Maluku terhadap
Belanda.
|
Pilihan
Ganda
|
2
|
|||
2
|
2.2
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh
pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang
|
Perjuangan melawan
penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
Peranan sumpah pemuda 28 Oktober 1928 dalam
mempersatukan Indonesia
|
Siswa
dapat menjelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah Nusantara ke dalam kekuasaan
Pemerintah Belanda.
|
Uraian
|
17
|
Siswa
dapat menjelaskan akibat sistem penarikan pajak oleh Belanda terhadap rakyat
Indonesia.
|
Pilihan
Ganda
|
3
|
|||
Siswa
dapat menuliskan daerah asal Pangeran Antasari.
|
Isian
|
12
|
|||
Siswa
dapat menuliskan pejuang wanita yang berasal dari Aceh
|
Pilihan
Ganda
|
4
|
|||
Siswa
dapat menjelaskan akibat yang dialami oleh rakyat Indonesia selama pendudukan
Jepang.
|
Pilihan
Ganda
|
5
|
|||
Siswa
dapat menentukan nama sitem kerja paksa yang diberlakukan oleh Jepang.
|
Pilihan
Ganda
|
6
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
|
Siswa
dapat menyebutkan tokoh pergerakan nasional yang mendirikan Taman Siswa.
|
Isian
|
13
|
|
Siswa
dapat membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional.
|
Uraian
|
18
|
|||
Siswa
dapat menentukan tokoh Pahlawan Nasional yang berasal dari Sulawesi selatan.
|
Pilihan
Ganda
|
7
|
|||
Siswadapat
menjelaskan peranan sumpah pemuda terhadap rakyat Indonesia.
|
Pilihan
Ganda
|
8
|
|||
Siswa dapat menuliskan isi Sumpah
Pemuda.
|
Uraian
|
19
|
|||
Siswa
dapat menetukan tokoh yang mengetuai BPUPKI.
|
Pilihan
Ganda
|
9
|
|||
Persiapan kemerdekaan Indonesia dan
perumusan dasar negara
|
Siswa
dapat menuliskan Badan yang dibentuk oleh Jepang dalam rangka mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia.
|
Isian
|
14
|
||
Siswa
dapat menetukan pokok pembahasan pada siding I BPUPKI.
|
Pilihan
Ganda
|
10
|
|||
Siswa
dapat Mengidentifikasi tokoh yang mengusulkan Nama Pancasila dalam Sidang
BPUPKI pertama.
|
Isian
|
15
|
|||
Siswa
dapat menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh pahlawan.
|
Uraian
|
20
|
|
UPTD PENDIDIKAN
KECAMATAN MALLAWA
SD NEGERI 27 BULU-BULU
Alamat: Dusun Bulu-Bulu
Desa Mattampapole Kec. Mallawa KP. 90563
ULANGAN HARIAN SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : V/II
HARI/TANGGAL : KAMIS/22 MARET 2012
WAKTU :
60 MENIT
PETUNJUK
1.
Bacalah
dengan baik setiap soal sebelum menjawab!
2.
Jawablah
terlebih dahulu soal yang dianggap mudah!
3.
Periksa
kembali jawabanmu sebelum menyerahkan kepada pengawas!
4.
Jangan
lupa tulis nama pada lembar jawaban!
I. PILIHAN
GANDA
Silanglah huruf a, b, c,
atau d sebagai jawaban yang paling benar!
1. Tujuan
pertama bangsa Belanda datang ke Indonesia adalah ....
a. memajukan
pertanian
b. menanam
modal
c. berdagang
rempah-rempah
d.
menguasai wilayah Indonesia
2. Pemimpin
pemberontakan rakyat Maluku melawan Belanda adalah ….
a. Pangeran
Diponegoro
b. Tuanku
Imam Bonjol
c. Pangeran
Antasari
d.
Kapten Pattimura
3.
Penarikan
pajak oleh Belanda terhadap rakyat Indonesia mengakibatkan ....
a.
Pemerintah
Belanda mengalami kerugian
b.
banyak
sekolah yang di bangun di Indonesia
c.
Rakyat
Indonesia semakin menderita
d.
sistem
kerja paksa diberhentikan
4.
Pejuang
wanita yang berasal dari Aceh bernama ....
a. Christina Martha Tiahahu
b. Cut Nyak Dien
c. R.A. Kartini
d. Dewi Sartika
5.
Selama
pendudukan Jepang di Indonesia, rakyat mengalami ....
a.
penderitaan
yang lebih pedih dibandingkan penjajahan Belanda
b.
sedikit
kemajuan dibandingkan selama penjajahan Belanda
c.
hal
yang sama ketika masa penjajahan Belanda
d.
masih
lebih baik dibandingkan dengan masa penjajahan Portugal
6.
Kerja
paksa yang diterapkan Jepang disebut ...
a. rodi
b. tanam paksa
c. kerja bakti
d. romusha
7. Tokoh pejuang nasional yang berasal dari Sulawesi Selatan adalah ....
a. Sultan Nuku
b. Sultan Hasanuddin
c. Sultan Baabullah
d. Pangeran Diponegoro
8.
Peristiwa
Sumpah Pemuda telah menggugah hati rakyat Indonesia untuk mewujudkan ...
a.
rasa
kegotongroyongan bangsa
b.
rasa
benci terhadap penjajah Belanda
c.
rasa
persatuan dan kesatuan bangsa
d.
rasa
kebangsaan Indonesia
9.
BPUPKI
diketuai oleh ....
a.
dr.
Radjiman Wedyodiningrat
b.
Prof.
Dr. Soepomo
c.
Muhammad
yamin
d.
Drs.
M. Hatta
10. Sidang
pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 membahas tentang ….
a. Pernyataan
Indonesia Merdeka
b. Dasar
Negara
c. Presiden dan
Wakil Presiden
d. Undang-Undang
Dasar
II. ISIAN
Lengkapilah titik-titik
di bawah ini dengan benar!
11. Untuk
kepentingan perdagangan, Belanda mendirikan perserikatan dagang yang disebut ….
12.
Pangeran
Antasari adalah pahlawan yang berasal dari daerah ....
13. Tokoh pergerakan nasional yang
mendirikan Taman Siswa adalah ….
14. Lembaga
yang dibentuk menggantikan BPUPKI adalah ….
15. Nama
‘Pancasila’ sebagai dasar negara diusulkan oleh ….
III. URAIAN
16. Jelaskan
apa yang di maksud dengan sistem tanam paksa!
17. Jelaskan mengapa daerah-daerah di Nusantara jatuh ke
dalam kekuasaan pemerintah Belanda!
18. Tuliskanlah
riwayat hidup (nama, tempat dan tanggal lahir, usaha yang dilakukan, organisasi
yang didirikan) tokoh Dewi Sartika!
19. Tuliskanlah isi Sumpah Pemuda yang
yang dihasilkan pada kongres Pemuda II
di Jakarta!
20. Tuliskanlah 2 (dua) caramu mengisi kemerdekaan
supaya kita selalu dapat menghargai jasa-jasa tokoh pejuang dalam mempersiapkan
kemerdekaan!
===============================Selamat
Mengerjakan=============================
KUNCI JAWABAN
I. PILIHAN GANDA
1.
C 6. D
2. D 7. B
3. C 8. C
4. B 9. C
5. A 10.B
II. ISIAN
11. VOC
12. Banjarmasin
13. Ki Hajar Dewantara
14. PPKI
15. Ir. Soekarno
III. Uraian
16.
Sistem Tanam Paksa adalah aturan Belanda yang memaksa rakyat
untukn menanam tanaman perdagangan seperti tembakau, tebu, karet, kopi,
cokelat, rami, dan kina.
17. Daerah-daerah
Nusantara jatuh ke dalam kekuasaan Belanda disebabkan karena:
a.
Tidak ada persatuan antara raja-raja di Indonesia;
b.
Peralatan VOC lebih lengkap dan lebih baik;
c.
VOC menjalankan politik perang, perjanjian, adu domba, dan memecah
belah kekuatan raja-raja Indonesia;
d.
VOC menggunakan sistem monopoli.
18. Riwayat Hidup Dewi
Sartika
a.
Nama :
Dewi Sartika
b.
Tempat dan tanggal lahir :
Cicalengka, Jawa Barat, 4 Desember 1884
c.
Usaha yang dilakukan :
memperjuangkan kemajuan kaum wanita Indonesia agar memiliki
kedudukan dan derajat yang sama dengan kaum pria
d.
Organisasi yang didirikan :
Mendirikan Sakola Istri (Sekolah Perempuan)/Sakola Kautamaan Istri
19. Isi sumpah Pemuda,
yaitu;
Pertama: Kami putra dan putri Indonesia mengaku
bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku
berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia
menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
20. Sesuai jawaban siswa,
alternatif jawaban antara lain;
Cara menghargai
jasa-jasa tokoh
pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan;
a.
Menjaga hasil karya mereka;
b.
Melanjutkan cita-cita mereka menuju bangsa Indonesia yang maju.
Pedoman
penilaian
1. Soal
pilihan ganda setiap soal skornya 2, skor maksimal 20.
2.
Soal isian setiap soal skornya 3, skor maksimal 15.
3.
Soal uraian, skor maksimal 20.
Ø Nomor
16 skor 3
Ø Nomor
17 skor 4
Ø Nomor
18 skor 4
Ø Nomor
19 skor 5
Ø Nomor
20 skor 4
|
Nilai
akhir = nilai perolehan/nilai maksimal X 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar