Laman

Sabtu, 31 Maret 2012

Kisi-Kisi dan Soal Ulangan Kelas V Semester II


KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
SATUAN PENDIDIKAN         : SD NEGERI 27 BULU-BULU 
KURIKULUM                         : KTSP 
MATA PELAJARAN               : ILMU PENGETAHUAN ALAM 
KELAS/SEMESTER                : V (LIMA)/II (DUA) 
ALOKASI WAKTU                 : 60 MENIT 
JUMLAH SOAL                      : 25 NOMOR
NO.
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO. SOAL
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
Gaya magnet
o   Magnet menarik benda-benda tertentu
Siswa dapat menuliskan masing-masing 4 benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.

URAIAN
16
o   Kekuatan gaya magnet
Siswa dapat menentukan bagian magnet yang paling kuat daya tariknya.
PILIHAN GANDA
1
o   Kegunaan magnet
Siswa dapat memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
URAIAN
17
o   Membuat magnet
Siswa dapat menjelaskan cara  membuat magnet.
URAIAN
18
Gaya Gravitasi
Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menuliskan gaya yang  menyebabkannya.
ISIAN
11
Siswa dapat memahami akibat adanya gaya gravitasi.
PILIHAN GANDA
2
Gaya gesekan

Siswa dapat memahami bahwa gaya gesek yang mempengaruhi gerak benda.
PILIHAN GANDA
3
siswa dapat menjelaskan defenisi gaya gesek.
URAIAN
19
disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan , siswa dapat menentukan gaya yang menyebabkannya.
PILIHAN GANDA
4
siswa dapat menyebutkan benda yang dapat memperbesar  gaya gesek.
ISIAN
12
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
2
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
Pesawat sederhana
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
URAIAN
20
Siswa dapat Memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana
PILIHAN GANDA
5
Jenis-jenis pesawat sederhana
o   Tuas
disajikan pernyataan, Siswa dapat Menyebutkan jenis pesawat sederhana yang digunakan
ISIAN
13
Siswa dapat Memahami letak titik tumpu, titik beban dan titik kuasa pada salah satu jenis tuas.
PILIHAN GANDA
6
Jenis-jenis pesawat sederhana
o   Bidang miring
Disajikan ciri-ciri sebuah pesawat sederhana, siswa dapat menetukan nama pesawat sederhana yang dimaksud
ISIAN
14
Siswa dapat Menyebutkan keuntungan bidang miring
ISIAN
15
Disajikan beberapa  gambar pesawat sederhana, Siswa dapat Menentukan pesawat sederhana yang termasuk bidang miring.
PILIHAN GANDA
7
Jenis-jenis pesawat sederhana
o   katrol
Disajikan gambar katrol, Siswa dapat Menentukan jenis katrol yang dimaksud
PILIHAN GANDA
8
disajikan gambar suatu kegiatan, Siswa dapat Menentukan katrol yang tepat digunakan
PILIHAN GANDA
9
Jenis-jenis pesawat sederhana
o   Roda berporos
Disajikan contoh beberapa benda, Siswa dapat Menentukan benda yang menggunakan azas roda berporos

PILIHAN GANDA
10


Text Box:
 
PEMERINTAH KABUPATEN MAROS
                        UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN MALLAWA
                        SD NEGERI 27 BULU-BULU
                       Alamat: Dsn Bulu-Bulu Ds Mattampapole Kec. Mallawa KP. 90563
 

ULANGAN UMUM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
MATA PELAJARAN   : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER  : V/II
HARI/TANGGAL        :
WAKTU                       : 60 MENIT
PETUNJUK
1.    Bacalah dengan baik setiap soal sebelum menjawab!
2.    Jawablah terlebih dahulu soal yang dianggap mudah!
3.    Periksa kembali jawabanmu sebelum menyerahkan kepada pengawas!
4.    Jangan lupa tulis nama pada lembar jawaban!


I.    PILIHAN GANDA
Pilihlah huruf a, b, c, atau d sebagai jawaban yang paling benar!
1.    Bagian magnet yang paling kuat gaya tariknya yaitu ….
a. atas                                                   c. tengah
b. bawah                                               d. kutub

2.    Adanya gaya gravitasi bumi memungkinkan kita ….
a. melayang di udara                           c. menapak di tanah
b. berenang di air                                 d. menghirup napas

3.    Gaya gesek antara bola yang menggelinding dengan tanah mengakibatkan …
a. bola melambat, kemudian berhenti             c. bola berbelok arah
b. bola semakin cepat bergerak                      d. bola berubah bentuk

4.    Ban sepeda akan berhenti ketika direm. Ban sepeda berhenti bergerak akibat gaya ….
a. Gravitasi                                          c. Magnet
b. Gesek                                              d. tekan
          
5.    Fungsi pesawat sederhana yaitu ….
a. menambah beban                            c. memudahkan pekerjaan
b. menambah tenaga                           d. meniadakan gaya yang bekerja

6.    Posisi titik tumpu, beban, dan kuasa pada alat kereta sorong yaitu ….
a. titik tumpu berada di antara beban dan kuasa
b. beban berada di antara titik tumpu dan kuasa
c. kuasa berada di antara titik tumpu dan beban
d. titik tumpu, beban, dan kuasa berada pada satu tempat

7.    Perhatikan gambar di bawah!
Pesawat sederhana yang termasuk bidang miring terdapat pada gambar ....
a.    (I)
b.    (II)
c.    (III)
d.    (IV)

 

8.    Gambar di samping merupakan katrol jenis . . . .
a. blok katrol berganda
b. katrol berganda
c. katrol bebas
d. katrol tetap
 
http://tugino230171.files.wordpress.com/2012/03/03-mar-12-6-15-09-am.png?w=57&h=114
9.   
9. Perhatikan gambar di samping!
Alat yang tepat untuk memudahkan pekerjaan di samping adalah ….
                              


 
                                                         






.                
    
10.  Perhatikan alat-alat berikut!
I.   Kursi roda                           IV. Timba sumur
II.  Bor listrik                            V.  Sekrup
III. Roda sepeda
Alat yang menggunakan prinsip roda berporos yaitu….
a. I dan II                                 c. III dan IV
b. I dan III                                d. II dan V

II.   ISIAN
Lengkapilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
11.  Buah apel yang masak jatuh ke tanah karena ditarik oleh ....
12.  pemberian paku-paku pada alas sepatu bertujuan untuk .... gaya gesek.
13.  Paku yang menancap di tembok lebih mudah dicabut menggunakan pesawat sederhana berupa . . . .
14.  Pesawat sederhana yang permukaannya dibuat miring dinamakan ….
15.  Jalan di daerah pegunungan dibuat … agar memudahkan kendaraan melewatinya.

III.    URAIAN
Kerjakanlah  dengan langkah-langkah yang tepat!
16.  Tuliskanlah masing-masing 4 (empat) Benda yang yang bersifat magnetis dan non magnetis!
17.  Tuliskan 3 (tiga) kegunaan gaya tarik magnet dalam kehidupan sehari-hari?
18.  Magnet buatan dibuat oleh manusia dari benda-benda magnetis. Jelaskan 3 cara membuat magnet
19.  jelaskanlah apa yang dimaksud dengan gaya gesek!
20.  Apa yang dimaksud pesawat sederhana? Berikan 4 (empat) contohnya !

==================================SelamatMengerjakan==========================
KUNCI JAWABAN

I.   PILIHAN GANDA

1.      D                     6.  B
2.      C                      7.  D
3.      A                     8.  A
4.      B                      9.  D
5.      C                      10.B


II. ISIAN

11.  gaya tarik bumi/gravitasi
12.  memperbesar
13.  tuas
14.  bidang miring
15.  berkelok-kelok/berbelok-belok


III. Jawaban

16.  Sesuai jawaban anak, alternatif jawaban antara lain:
Benda magnetis                       : paku besi, jarum, kawat, peniti.
Benda nonmagnetis     : daun, kertas, tali, pensil.
17.  Sesuai jawaban anak, alternatif jawaban antara lain:
 (1) dibuat kompas;
 (2) digunakan di ujung gunting dan obeng untuk menarik benda-benda kecil;
 (3) untuk mengagkut besi-besi tua.
18.   cara membuat magnet
 (1) cara gosokan, yaitu dengan menggosokkan magnet pada besi atau baja;
 (2) cara induksi, yaitu mendekatkan magnet pada benda magnetis yang akan dijadikan magnet;
 (3) cara aliran listrik, yaitu membuat magnet dengan menggunakan aliran listrik.
19.  Gaya gesek adalah gayayang menahan gerak benda agar benda itu tidak bergerak jika ditarik atau didorong.
20.  Pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan.



Pedoman penilaian
1.      Soal pilihan ganda setiap soal skornya 2, skor maksimal 20.
2.      Soal isian setiap soal skornya 3, skor maksimal 30.
3.      Soal uraian, skor maksimal 20.
Ø  Nomor 16 skor 3
Ø  Nomor 17 skor 5
Ø  Nomor 18 skor 5
Ø  Nomor 19 skor 4
Ø  Nomor 20 skor 3
Skor perolehan
Skor maksimal
 


Nilai akhir =                                   X 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer