KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
SATUAN PENDIDIKAN : SD NEGERI 27 BULU-BULU
KURIKULUM : KTSP
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : V (LIMA)/II (DUA)
ALOKASI WAKTU : 60 MENIT
JUMLAH SOAL : 25 NOMOR
KURIKULUM : KTSP
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : V (LIMA)/II (DUA)
ALOKASI WAKTU : 60 MENIT
JUMLAH SOAL : 25 NOMOR
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
NO. SOAL
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
5.1
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan
(gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
|
Gaya magnet
o Magnet menarik benda-benda
tertentu
|
Siswa dapat menuliskan masing-masing 4 benda yang
bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
|
URAIAN
|
16
|
o Kekuatan gaya magnet
|
Siswa
dapat menentukan bagian magnet yang paling kuat daya tariknya.
|
PILIHAN
GANDA
|
1
|
||
o Kegunaan magnet
|
Siswa dapat memberi contoh penggunaan gaya magnet
dalam kehidupan sehari-hari.
|
URAIAN
|
17
|
||
o Membuat magnet
|
Siswa dapat menjelaskan cara membuat magnet.
|
URAIAN
|
18
|
||
Gaya
Gravitasi
|
Disajikan
sebuah ilustrasi, siswa dapat menuliskan gaya yang menyebabkannya.
|
ISIAN
|
11
|
||
Siswa dapat memahami akibat adanya gaya gravitasi.
|
PILIHAN
GANDA
|
2
|
|||
Gaya
gesekan
|
Siswa dapat memahami bahwa gaya gesek yang
mempengaruhi gerak benda.
|
PILIHAN
GANDA
|
3
|
||
siswa dapat menjelaskan defenisi gaya gesek.
|
URAIAN
|
19
|
|||
disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan , siswa
dapat menentukan gaya yang menyebabkannya.
|
PILIHAN
GANDA
|
4
|
|||
siswa dapat menyebutkan benda yang dapat
memperbesar gaya gesek.
|
ISIAN
|
12
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
2
|
5.2 Menjelaskan pesawat
sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
Pesawat sederhana
|
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang pesawat
sederhana
|
URAIAN
|
20
|
Siswa dapat Memahami tujuan penggunaan pesawat
sederhana
|
PILIHAN
GANDA
|
5
|
|||
Jenis-jenis pesawat sederhana
o Tuas
|
disajikan pernyataan, Siswa dapat Menyebutkan
jenis pesawat sederhana yang digunakan
|
ISIAN
|
13
|
||
Siswa
dapat Memahami letak titik tumpu, titik beban dan titik kuasa pada salah satu
jenis tuas.
|
PILIHAN
GANDA
|
6
|
|||
Jenis-jenis pesawat sederhana
o Bidang miring
|
Disajikan
ciri-ciri sebuah pesawat sederhana, siswa dapat menetukan nama pesawat
sederhana yang dimaksud
|
ISIAN
|
14
|
||
Siswa dapat Menyebutkan keuntungan bidang miring
|
ISIAN
|
15
|
|||
Disajikan beberapa
gambar pesawat sederhana, Siswa dapat Menentukan pesawat sederhana
yang termasuk bidang miring.
|
PILIHAN
GANDA
|
7
|
|||
Jenis-jenis pesawat sederhana
o katrol
|
Disajikan gambar katrol, Siswa dapat Menentukan
jenis katrol yang dimaksud
|
PILIHAN
GANDA
|
8
|
||
disajikan
gambar suatu kegiatan, Siswa dapat Menentukan katrol yang tepat digunakan
|
PILIHAN
GANDA
|
9
|
|||
Jenis-jenis pesawat sederhana
o Roda berporos
|
Disajikan
contoh beberapa benda, Siswa dapat Menentukan benda yang menggunakan azas
roda berporos
|
PILIHAN
GANDA
|
10
|
|
UPTD PENDIDIKAN
KECAMATAN MALLAWA
SD NEGERI 27 BULU-BULU
Alamat: Dsn Bulu-Bulu Ds
Mattampapole Kec. Mallawa KP. 90563
ULANGAN UMUM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : V/II
HARI/TANGGAL :
WAKTU : 60 MENIT
PETUNJUK
1.
Bacalah
dengan baik setiap soal sebelum menjawab!
2.
Jawablah
terlebih dahulu soal yang dianggap mudah!
3.
Periksa
kembali jawabanmu sebelum menyerahkan kepada pengawas!
4.
Jangan
lupa tulis nama pada lembar jawaban!
I. PILIHAN GANDA
Pilihlah huruf a, b, c, atau d sebagai jawaban yang
paling benar!
1.
Bagian magnet yang paling kuat gaya
tariknya yaitu ….
a.
atas c.
tengah
b.
bawah d.
kutub
2.
Adanya gaya gravitasi bumi
memungkinkan kita ….
a.
melayang di udara c.
menapak di tanah
b.
berenang di air d.
menghirup napas
3.
Gaya gesek antara bola yang
menggelinding dengan tanah mengakibatkan …
a.
bola melambat, kemudian berhenti c.
bola berbelok arah
b.
bola semakin cepat bergerak d.
bola berubah bentuk
4.
Ban sepeda akan berhenti ketika
direm. Ban sepeda berhenti bergerak akibat gaya ….
a. Gravitasi c. Magnet
b. Gesek d. tekan
5.
Fungsi pesawat sederhana yaitu ….
a.
menambah beban c.
memudahkan pekerjaan
b.
menambah tenaga d.
meniadakan gaya yang bekerja
6.
Posisi titik tumpu, beban, dan kuasa
pada alat kereta sorong yaitu ….
a.
titik tumpu berada di antara beban dan kuasa
b.
beban berada di antara titik tumpu dan kuasa
c.
kuasa berada di antara titik tumpu dan beban
d.
titik tumpu, beban, dan kuasa berada pada satu tempat
7. Perhatikan gambar di
bawah!
Pesawat sederhana yang termasuk bidang miring terdapat pada gambar ....
|
|
9.
|
.
10. Perhatikan alat-alat berikut!
I.
Kursi roda IV. Timba sumur
II.
Bor listrik V. Sekrup
III.
Roda sepeda
Alat yang menggunakan prinsip roda
berporos yaitu….
a.
I dan II c.
III dan IV
b.
I dan III d.
II dan V
II. ISIAN
Lengkapilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
11. Buah apel yang masak jatuh ke tanah karena ditarik oleh ....
12. pemberian paku-paku pada alas sepatu bertujuan untuk .... gaya gesek.
13. Paku yang menancap di tembok lebih mudah dicabut menggunakan
pesawat sederhana berupa . . . .
14.
Pesawat
sederhana yang permukaannya dibuat miring dinamakan ….
15. Jalan di daerah
pegunungan dibuat … agar memudahkan kendaraan melewatinya.
III. URAIAN
16.
Tuliskanlah
masing-masing 4 (empat) Benda yang yang bersifat magnetis dan non magnetis!
17.
Tuliskan
3 (tiga) kegunaan gaya tarik magnet dalam kehidupan sehari-hari?
18.
Magnet buatan dibuat
oleh manusia dari benda-benda magnetis. Jelaskan 3 cara membuat magnet
19.
jelaskanlah
apa yang dimaksud dengan gaya gesek!
20.
Apa
yang dimaksud pesawat sederhana? Berikan 4 (empat) contohnya !
==================================SelamatMengerjakan==========================
KUNCI JAWABAN
I. PILIHAN
GANDA
1.
D 6. B
2.
C 7. D
3.
A 8. A
4.
B 9. D
5.
C 10.B
II.
ISIAN
11. gaya
tarik bumi/gravitasi
12. memperbesar
13. tuas
14. bidang
miring
15. berkelok-kelok/berbelok-belok
III. Jawaban
16.
Sesuai jawaban anak, alternatif jawaban
antara lain:
Benda magnetis : paku besi, jarum,
kawat, peniti.
Benda
nonmagnetis : daun, kertas, tali,
pensil.
17.
Sesuai jawaban anak, alternatif jawaban
antara lain:
(1) dibuat kompas;
(2) digunakan di ujung gunting dan obeng untuk
menarik benda-benda kecil;
(3) untuk mengagkut besi-besi tua.
18.
cara membuat magnet
(1) cara gosokan, yaitu dengan menggosokkan
magnet pada besi atau baja;
(2) cara induksi, yaitu mendekatkan magnet
pada benda magnetis yang akan dijadikan magnet;
(3) cara aliran listrik, yaitu membuat magnet
dengan menggunakan aliran listrik.
19.
Gaya gesek adalah gayayang menahan gerak
benda agar benda itu tidak bergerak jika ditarik atau didorong.
20.
Pesawat sederhana adalah alat yang
digunakan untuk memudahkan pekerjaan.
Pedoman penilaian
1.
Soal pilihan ganda setiap soal skornya 2, skor maksimal
20.
2.
Soal isian setiap soal skornya 3, skor maksimal 30.
3.
Soal uraian, skor maksimal 20.
Ø Nomor 16 skor 3
Ø Nomor 17 skor 5
Ø Nomor 18 skor 5
Ø Nomor 19 skor 4
Ø Nomor 20 skor 3
|
Nilai
akhir = X 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar